Wednesday, May 28, 2014

PEMAHAMAN DIRI SENDIRI

PEMAHAMAN DIRI SENDIRI
                   Tahukah sobat blogger masalah dan solusi bahwa siapa diri anda sebenarnya, dan mungkin sobat sekalian mengatakan bahwa “ aku ini manusia ciptaan Tuhan “, ya itu benar, tetapi ada baiknya kita simak materi kita berikut ini . . . .

1.      Dari sudut spiritual / keimanan
     * Aku adalah manusia, makhluk ciptaan Tuhan, aku diciptakan sebagai tanda terbesar atas kuasanya dimuka bumi
     * Aku adalah manusia yang diberi tanggung jawab untuk menjaga dan mengelola dunia sehingga berkembang dan berarti bagi kehidupan generasi kedepan.
     * Aku adalah manusia ciptaan tuhan yang memiliki akal dan fikiran yang bertujuan untuk hidup bahagia di dunia dan di akhirat….


2.  Dari sudut Psikologis
     * Aku adalah manusia yang memiliki kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam kehidupa sehari – hari seperti
  - Makan, minum, tidur, dan lain sebagainya
  - Kebutuhan rasa aman, tentram, dan terhindar dari bahaya
  - Kebutuhan untuk dicintai dan mencintai seperti bergabung dengan orang2 lain, menjadi anggota atau dapat diterima dalam suatu kelompok.


MENGENAL KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA
          Masa remaja lebih dikenal dengan masa Strom atau Stress, dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik yang pesat dan pertumbuhan secara psikis yang berfariasi. Remaja dapat dikategorikan sebagai berikut.
-        Remaja Awal                                12 – 15 Tahun
-        Remaja Pertengahan                    15 – 18 Tahun
-        Remaja Akhir                               18 – 21 Tahun

          Kecerdasan emosi ( GOLEMAN ) adalah kemampuan lebih yang dimiliki seseorang dalam memotifasikan diri dalam menghadapi kegagalan, mengendalokan emosi, dan menunda kepuasan serta mengatur keadaan jiwa. Ada tiga unsur penting dalam kecerdasan emosional

* Kecakapan pribadi ( mengelola diri sendiri )
* Kecakapan Sosial ( Saling berinteraksi )
* Kecakapan keterampilan ( memiliki skill atau kemampuan )


Cukup sekian dulu sob,, lain kali saya akan tambahkan postnya, karna saya juga masih dalam tahap belajar,,, :D
          Jadi bagi sahabat blogger yang ingin reQuest masalah pelajaran nya, silahkan di coment,,dan jika sobat2 sekalian merasa bermanfaat membaca blog saya,,maka saya harapkan agar sobat sekalian dapat share blog ini ke sobat2 yang lainnya, supaya kita sama2 diberi pahala….(y)

                 © CopyRight ®
                                                                                   Muhammad Fadly



No comments:

Post a Comment