Thursday, May 22, 2014

CONTOH PROPOSAL PENELITIAN

CONTOH PROPOSAL PENELITIAN



Kata Pengantar

Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat, nikmat, serta hidayah nya sehingga kami dapat menyelesaikan Proposal Penelitian kami.
Dengan demikian kami dapat mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif maupun merokok aktif serta efek yang akan timbul pada perokok aktif maupun perokok yang pasif
Dalam pembuatan proposal  penelitian ini kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu kami untuk melakukan penelitian ini dan khususnya kepada Bapak Abdul Aziz Syaputra selaku guru Pembimbing Bahasa Indonesia yang telah membantu menyelesaikan proposal kami yang bertopik “ Bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif ”.
Seperti kata pepatah, “Tak ada gading yang tak retak”, hasil kami tidaklah sesempurna apa yang di inginkan pembimbing. Namun, kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Untuk itu kritik dan saran sangat kami butuhkan untuk memperbaiki proposal ini.
Oleh karena itu, kami berharap semoga makalah ini dapat menjadi bacaan yang bermanfaat bagi semua.














                                                                         DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
1.1. PENDAHULUAN
1.2. LATAR BELAKANG
1.3. RUMUSAN MASALAH
1.4. TUJUAN PENELITIAN
1.5. MANFAAT PENELITIAN
1.6. KERANGKA BERPIKIR
1.7. HIPOTESIS
1.8. METODE PENELITIAN
1.9. KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA



















1.1.    PENDAHULUAN

1.2. Latar Belakang Masalah

Bahaya Merokok - Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan sang perokok maupun orang disekitarnya. Namun masih banyak yang mengabaikan bahaya rokok tersebut dan tidak peduli akan akibat yang disebabkan rokok.
          Menurut hasil penelitian oleh King's College London, merokok bisa ''membusukkan'' otak dengan merusak memori, kemampuan belajar dan daya nalar. Subjek penelitian dilakukan terhadap 8.800 orang dengan rentan usia berkisar 50 tahun keatas yang mengalami tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan. Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa rokok juga mempengaruhi otak, meskipun dalam tingkat yang lebih rendah.
          Bahaya rokok terhadap otak juga dikuatkan pendapat Komunitas Alzheimer yang mengatakan: ''Kami semua tahu, merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan kelebihan berat badan adalah buruk untuk jantung. Penelitian ini menambah bukti bahwa mereka juga berpengaruh buruk untuk otak kita juga.''
Tidak hanya itu saja, menurut penelitian yang yang dipublikasikan oleh American Journal of Public Health menunjukan hasil yang cukup mencengangkan.
          Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa terdapat 42.000 perokok pasif yang meninggal setiap tahunnya, dari korban tersebut 900 diantaranya dalah bayi. Tidak berhenti sampai disitu, ada kemungkinan 600.000 orang lainya berpotensi meninggal. Kerugian materi pun meningkat sekitar 6,6 miliar USD akibat berkurangnya produktifitas SDM yang merokok.
          Survey yang dilakukan oleh lembaga Gallup menunjukan bahwa para perokok aktif dan non-perokok (perokok pasif) sepertinya tidak menyadari bahay rokok tersebut. Agar mendapatkan hasil yang akurat para peneliti tersebut memeriksa penanda toksin dari rokok dalam tubuh, yang disebut 
Cotinine Para peneliti tersebut mengukur kadar cotinine dalam darah orang yang meninggal akibat rokok dan mendapati bahwa penyebab kematian paling tinggi lebih diakibatkan oleh dampak rokok terhadap paru-paru dibandingkan pada jantung.
1.3. Rumusan Masalah
1. Kandungan zat apa sajakah yang perlu kita waspadai di dalam rokok ?
2. Bagaimanakah pengaruh asap rokok terhadap perokok aktif dan pasif di kalangan masyarakat?
3. Bagaimanakah sikap kita untuk menghindari bahaya dari dampak yang ditimbulkan oleh rokok ?

1.4. Tujuan Penelitian
            Penelitian ini bertujuan untuk :
1. Untuk mengetahui bahaya yang ditimbulkan oleh asap rokok.
2. Untuk mengatahui dan  menganalisis dampak dari perokok aktif dan perokok pasif.
3. Untuk mengetahui tentang efek dari merokok.

 1.5. Manfaat Penelitian
1. Agar para generasi muda kita bebas dari pengaruh berbahaya rokok.
2. Agar setiap orang mulai perduli dengan kesehatan karena kesehatan mahal harganya.
3. Agar bisa menciptakan budaya hidup sehat dan menekan angka kematian karena rokok.



1.6. Kerangka Teori/Berfikir
            Sejalan dengan kenyataan sekarang , sudah tak bisa dipungkiri lagi dari segi ekonomi bahwa rokok sebagai penyumbang pajak terbesar di Negara Indonesia dalam hal pendapatan negara . Selain itu, rokok juga menjadi salah satu alternative mulai dari kalangan ekonomi menengah ke bawah sampai menengah ke atas untuk menjadi konsumsi sehari-hari yang terhitung bisa terjangkau harganya oleh berbagai golongan karena harganya yang murah.Dan menurut sumber yang kami baca dari sebuah artikel bahwa rokok tidak hanya menjadi konsumsi pria dewasa saja tapi melainkan juga anak-anak dan ibu hamil. Dan jika ditinjau dari kesehatan bahwa rokok juga merupakan penyebab kematian terbesar. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 42.000 perokok pasif yang meninggal setiap tahunnya, dari korban tersebut 900 diantaranya dalah bayi.
            Dan dalam penelitian kali ini kamiakan meneliti tentang dampak bahaya merokok yang berpengaruh bagi perokok aktif dan perokok pasif di kalangan masyarakat

1.7. Hipotesis
            Sesuai dengan permasalahan yang telah dijelaskan sebelumnya, maka dapat kami dirumuskan suatu hipotesis sebagai berikut : “ Penyebab banyaknya pengguna rokok terutama kalangan masyarakat adalah kurangnya pengarahan sejak usia dini dan tidak adanya pengawasan dari orang tua sehingga dalam hidup bermasyarakat pun tetap saja merokok, dan fakta yang didapat di lapangan bahwa banyak orang yang meninggal sia-sia akibat dari rokok”.
1.8. Metode Penelitian
           
A. Metode Pengumpulan Data
1. Pengumpulan data secara langsung , artinya cara ini dilakukan dengan metode wawancara  langsung dan sarana pembantunya adalah daftar pertanyaan.
2. Pengumpulan data secara tidak langsung, artinya cara ini dilakukan dengan studi pustaka yaitu dengan cara membaca buku-buku kepustakaan dan dari sumber yang lainnya.




1.9. Kesimpulan
          Melihat kenyataan yang ada pada uraian sebelumnya, dapat dikatakan rokok itu lebih banyak dampak negatifnya dari pada dampak positifnya. Apabila hal ini dibiakan terus berlangsung, maka akan mengakibatkan permasalahan yang serius pada kesehatan tubuh manusia. Dan seharusnya masyarakat sadar akan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh mereka.Namun hal itu masih sulit dilakukan di Indonesia, dikarenakan perusahaan – perusahaan ataupun pabrik – pabrik rokok di Indonesia terus berkembang dan terus memperkenalkan produk – produk mereka dalam bentuk iklan,Koran dan lain sebagainya. Dan juga purusahaan rokok adalah pajak terbesar di negara Indonesia, jadi wajar saja jikalau kesadaran masyarakat dalam hal menerapkan bahaya merokok di dalam kehidupan sangatlah sulit, dan di balik itu juga tetap masih ada peduli akan hal bahaya merokok.
Untuk dapat mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif, kita perlu:
A.  Kita harus memiliki pengetahuan mendalam tentang bahaya rokok bagi perokok aktif dan perokok pasif itu sendiri.
B.   Kita harus mengetahui cara menolak ajakan atau tawaran merokok secara tidak menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain.
C.   Kita sebisa mungkin harus bisa menjauh dari orang yang sedang menghisap rokok selagi memungkinkan.
D.  Kita di tuntut untuk bisa menarik contoh bahaya rokok dari pengalaman orang-orang di sekitar kita.
E.   Kita di tuntut untuk bisa menjaga diri dari pengaruh rokok.
F.    Kita harus bisa menjauhi diri dari pengaruh-pengaruh rokok demi kebaikan masadepan kita



    Daftar Pustaka




Admin, 2013. Bahaya Meroko. http://catatantugassekolah.blogspot.com. [21 Mei 2013]
Atkinson, 1999. Pengantar Psikologi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Direktorat Kesehatan Jiwa Masyarakat,2001. Buku Pedoman Umum Tim Pembina, Tim Pengarah & Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa. Direproduksi oleh Proyek Peningkatan Kesehatan Khusus 


No comments:

Post a Comment